in

Ingin Pindah Tempat Pemungutan Suara? Ini Tata Cara dan Batas Waktunya!

Waktu Perpanjangan Pindah TPS Pemilu 2024 Berakhir Besok. (ilustrasi/istimewa)

INFONESIA Jakarta- Hari pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) serentak semakin dekat, tepatnya pada tanggal 14 Februari 2024. Namun, pertanyaan yang muncul adalah apakah masih memungkinkan untuk pindah Tempat Pemungutan Suara (TPS)?

Menurut informasi yang disampaikan melalui laman Instagram resmi @KPU_RI, Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih memberikan kesempatan bagi pemilih yang berada di luar domisili terdaftar untuk mengurus pindah TPS sebelum hari pencoblosan dimulai.

Ketua KPU, Hasyim Asy’ari, menyatakan bahwa proses pindah TPS masih dapat dilakukan hingga H-7 Pemilu. Artinya, hari terakhir untuk mengurus pindah memilih di TPS lain adalah pada Rabu, 7 Februari 2024, pukul 23.59 waktu setempat.

Syarat-syarat untuk mengurus pindah TPS antara lain adalah jika pemilih bertugas di tempat lain saat hari pemungutan suara, menjalani rawat inap atau mendampingi pasien rawat inap, tertimpa bencana alam, menjadi tahanan di rumah tahanan (rutan) atau lembaga pemasyarakatan (lapas), dan beberapa kondisi lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Bagi pemilih yang memenuhi syarat dan ingin mengurus pindah TPS, mereka dapat melaporkan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), atau KPU Kabupaten/Kota tempat asal atau tempat tujuan paling lambat 7 hari sebelum hari pemungutan suara.

Prosedur pengurusan pindah TPS mencakup persiapan dokumen seperti KTP elektronik atau Kartu Keluarga (KK), melampirkan salinan formulir Model A-Tanda Bukti Terdaftar sebagai Pemilih dalam DPT di TPS asal, serta membawa bukti dukung alasan pindah memilih seperti surat tugas.

Sebelum melakukan pengurusan, penting untuk memeriksa status Daftar Pemilih Tetap (DPT) melalui laman cekdptonline.kpu.go.id. Selanjutnya, pemilih dapat datang langsung ke instansi terkait untuk mengurus pindah TPS.

Dengan demikian, pemilih masih memiliki kesempatan untuk pindah TPS asalkan memenuhi syarat dan mengurusnya sebelum batas waktu yang ditentukan berakhir. Hal ini memastikan bahwa hak pilih pemilih tetap dapat terakomodasi dengan baik pada hari pencoblosan Pemilu 2024.

(ifn09)

Share:   

What do you think?

Infonesia

Written by Infonesia

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Pegadaian Cetak Rekor Laba 4,38T Selama Tahun 2023

Survei Elektabilitas Pilpres 2024 Sepekan Jelang Pencoblosan