in

Anies Baswedan Paling Banyak Jadi Sasaran Hoaks Pemilu 2024

Anies Basweda. (tempo)

INFONESIA Jakarta- Hoaks atau berita palsu terkait Pemilu 2024 semakin merajalela, dengan Anies Baswedan menjadi kandidat Capres yang paling banyak disebut dalam narasi hoaks. Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo) merilis data yang menunjukkan 206 hoaks bernada positif dan 116 bernada negatif terkait Anies Baswedan yang tersebar luas.

Data tersebut juga mencatat Ganjar Pranowo sebagai sasaran hoaks, dengan 63 narasi positif dan 73 hoaks negatif. Sementara itu, Gibran Rakabuming memiliki 12 hoaks positif dan 74 negatif. Capres Prabowo Subianto juga menjadi sasaran dengan 28 positif dan 66 hoaks bernada negatif. Ditemukan pula hoaks terkait Mahfud MD dengan 44 narasi positif dan lima negatif.

Terakhir, Mafindo menemukan hoaks mengenai Muhaimin Iskandar, dengan 17 narasi positif dan lima negatif. Ketua Presidium Mafindo, Septiaji Eko Nugroho, menyatakan bahwa konten hoaks yang tersebar didominasi narasi saling serang antar pendukung masing-masing kandidat.

Hoaks terkait dukungan atau pengakuan kepada kandidat mendominasi sebesar 33,1 persen, diikuti isu korupsi (12,8 persen), penolakan terhadap kandidat (10,7 persen), dan karakter atau gaya hidup negatif kandidat (7,3 persen). Hoaks terkait isu SARA tidak setinggi pada Pemilu 2019, dengan isu kecurangan pemilu dan isu SARA masing-masing sebesar 5 persen dan 3,9 persen.

Mafindo bekerja sama dengan Bawaslu RI dan Koalisi Masyarakat Sipil Lawan Disinformasi Pemilu 2024 untuk mencegah penyebaran hoaks politik. Upaya tersebut mencakup pemeriksaan fakta dan vaksinasi informasi, atau prebunking, guna menghindari penyebaran informasi yang menyesatkan terkait Pemilu 2024.


Share:   

What do you think?

Infonesia

Written by Infonesia

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Deflasi di 13 Provinsi, Gorontalo Capai 0,91 Persen

Elektabilitas 3 Capres Jelang Debat Kelima: Prabowo Lebih Unggul