in

Airlangga Hartarto Ulas Signifikansi Diplomasi Indonesia

Airlangga Hartarto Ulas Signifikansi Diplomasi Indonesia
Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar Airlangga Hartarto/Net

INFONESIA Peran Indonesia dalam arena politik internasional menunjukkan kehandalannya. Negara ini secara aktif menjalankan kebijakan diplomasi dengan berbagai mitra negara.

Airlangga Hartarto, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar, menyoroti keterlibatan aktif Indonesia dalam diplomasi, termasuk suksesnya KTT G20 yang diadakan di Bali.

“Akselerasi positif KTT G20 Indonesia dan pengakuan terhadap deklarasi yang disepakati oleh semua pihak dapat diatribusikan kepada upaya diplomasi yang kuat dari pihak Indonesia,” ungkap Airlangga Hartarto di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Minggu (16/1).

Airlangga Hartarto, yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, menyampaikan pandangan ini dalam peringatan Natal Nasional Partai Golkar 2023 dan Tahun Baru 2024 di Labuan Bajo.

Lebih lanjut, Airlangga Hartarto menjelaskan bahwa keberhasilan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Indonesia juga sangat bergantung pada penyelenggaraan pertemuan Sherpa G20.

“Keberhasilan tersebut tidak bisa dipisahkan dari peran Sherpa G20, yang merupakan kantor Menko, dan saya menyebut kantornya bukan diri saya sendiri. Ini adalah interpretasi yang sesuai. Selain itu, kita juga berada dalam kerangka kerja ASEAN,” ucapnya.

Airlangga Hartarto melanjutkan penjelasannya dengan merinci ketidakpastian geopolitik global, seperti konflik Ukraina-Rusia, ketegangan Hamas-Israel yang merembet ke Lebanon, dan serangan Amerika Serikat-Inggris di perairan dekat Yaman terkait gangguan terhadap logistik.

Namun, dia menegaskan bahwa saat ini Indonesia dapat menikmati situasi aman dan damai, bahkan sukses menyelenggarakan KTT G20 dalam kondisi ketidakpastian global.

Oleh karena itu, Airlangga Hartarto meminta dukungan dari kader Partai Golkar dan masyarakat Provinsi NTT untuk mendukung program pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, terutama dalam pembangunan di Labuan Bajo yang menjadi fokus pemerintah, termasuk penyelenggaraan KTT ASEAN.

Menurutnya, Partai Golkar adalah partai yang telah konsisten mendukung Joko Widodo selama pemilihan presiden periode pertama dan kedua.

“Hingga saat ini, dengan jelas kita melihat arah kepemimpinan beliau, dan di situlah Partai Golkar berdiri,” tandasnya. (rmol)


Share:   

What do you think?

Infonesia.news

Written by Infonesia.news

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Ketum SMSI Ucapkan Selamat kepada Presiden Taiwan Terpilih

Ketum SMSI Ucapkan Selamat kepada Presiden Taiwan Terpilih

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto/Net

Airlangga: Tanda Keberhasilan Partai Golkar dan Pasangan Prabowo-Gibran Sudah Nyata!